Oktober 07, 2010

Membentuk generasi penerus FMIPA ITS yang kreatif, profesional dan berdedikasi tinggi

Dunia kampus adalah miniatur sebuah bangasa. Dimana para pemuda dari seluruh penjuru bangsa dapat berkumpul menjadi satu di sebuah kampus. Di kampuslah para pemuda mendapat bimbingan bagaimana menjadi generasi penerus.
Para generasi penerus adalah pilar yang diharapkan dapat membangun kampus ini. Lantas apa yan g harus dilakukan oleh para generasi penerus? Menjadi generasi unggul yang kreatif, profeional, dan berddedikasi tinggi melalui pendidikan adalah salah satu jawaban tepat.
Pembangunan kampus merupakan upaya berkelanjutan untuk memajukan kehidupan kampus. Modal utamanya adalah generasi penerus yang kreatif yang memiliki kepekaan pikiran, daya imajinasi yang tiggi, rasa keingintahuan, serta kemampuan untuk menemukan atau menciptakan hal-hal baru. Apalagi saat ini telah tersedia banyak wadah bagi para mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan kreativitasnya. Antara lain dalam ajang Kompetisi Robot Cerdas Indonesia (KRCI), PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional), PIMITS (Pekan Ilmiah ITS), dan berbagai ajnag lainnya. Bahkan baru-baru ini ITS menjadi juara umum mewakili Indonesia dalam ajang internasional Shell Eco Marathon, menciptakan inovasi baru mobil irit bahan bakar. Atau pada ajang kontes robot internasional Abu Robocon di Mesir, 20 September yang lalu. selain itu sudah ada beberapa nama para mahasiswa FMIPA sendiri yang mengahrumkan nama bangsa dalam berbagai ajang olimpiade tingkat nasional. hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa ITS adalah orang-orang yang kreatif yang memiliki kepekaan pikiran.
Mahasiswa saat ini banyak yang memiliki kerja samping. Baik menjadi tentor les, maupun usaha lainnya. Memang, semua itu baik untuk melatih soft-skill. Tapi sayangnya, beberapa mahasiswa banyak yang justru jadi terabaikan kuliahnya. Entah karena terlena dengan keuntungan kerja sambilan, terlalu sibuk, atau tidak mampu memanajemen waktu. Padahal seharusnya seorang generasi penerus dapat bersikap professional,

Tidak ada komentar: